Home » » Telkomsel: Layanan Roaming di Kapal Pesiar Internasional

Telkomsel: Layanan Roaming di Kapal Pesiar Internasional



PT Telkomsel bekerja sama dengan operator On-Waves menyediakan layanan roaming internasional bagi sekitar 30 ribu warga Indonesia yang bekerja di kapal pesiar, kapal komersial maupun kapal pengeboran lepas pantai.

Peresmian kerja sama roaming dilakukan di atas kapal pesiar Louis Cristal Cruise antara Direktur Utama Telkomsel Sarwoto Atmosutarno dan CEO On-Waves Constantin Simeonidis, di Pelabuhan Laut Istanbul, Karekoy, Turki, Ahad.

Pada kesempatan itu kedua pihak juga menyaksikan uji panggilan ("test call") antara seorang pelaut Indonesia yang menghubungi keluarganya di tanah air.

On-Waves adalah anak perusahaan Siminn, operator telekomunikasi berbasis di Islandia yang dikhususkan mengelola layanan komunikasi maritim (maritim mobile communication) untuk teknologi berbasis GSM dan CDMA.

Saat ini On-Waves mengoperasikan setidaknya 500 kapal, seperti kapal pesiar, ferry, kapal pribadi, kapal komersial, kapal penangkap ikan, kapal angkatan laut, termasuk kapal tanker.

"Dengan kerja sama ini para pelanggan Telkomsel yang bertugas di tengah samudera tidak perlu khawatir lagi karena komunikasi dapat dilakukan setiap saat menghubungi saudara, mitra kerja, sanak keluarga di Indonesia dengan tarif yang lebih murah," kata Sarwoto.

Khusus di kapal Louis Cristal, Telkomsel memberikan gratis kartu perdana (sim card) dengan paket pulsa kepada sebanyak 30 orang awak kapal berwarga negara Indonesia. Selama ini roaming akses komunikasi maritim didasarkan pada jumlah operator yang jangkauannya terbatas hanya di sejumlah kapal pesiar.

Dengan menggunakan kartu Telkomsel, baik kartu Halo, Kartu AS maupun Simpati, pelanggan dapat melakukan panggilan ke mana saja baik ke Indonesia maupun negara lain dengan 1 tarif yaitu Rp9.000 per menit, dan sebesar Rp2.000 untuk setiap SMS.

Sedangkan untuk menerima panggilan, pelanggan hanya dikenakan biaya Rp11.000 per menit. Apabila pelanggan menggunakan layanan data dikenakan tarif Rp165 per 10 kilobyte. "Tarif ini berlaku untuk semua jenis kartu Telkomsel dan dipastikan sudah termasuk pajak," ujar Sarwoto.

Sementara itu CEO On-Waves Constantin Simeonidis mengatakan pemilihan kerja sama dengan Telkomsel karena merupakan operator terbesar di Indonesia. "Indonesia memiliki penduduk yang besar, dan banyak yang bekerja sebagai pelaut. Layanan ini akan menjadi sangat penting bagi mereka untuk memenuhi kebutuhan komunikasi selama bekerja di luar negaranya," kata Constantin.

Bila dibandingkan, tarif panggilan jika menggunakan kartu seluler milik operator lokal Turki berkisar 5 Euro untuk setiap 3,5 menit percakapan atau setara dengan sekitar Rp62.500. Sementara tarif SMS setara dengan Rp6.000 per SMS.

0 comments:

Post a Comment